Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

PSIKOSOMATIS

Diposkan oleh romiariyanto Sunday, March 13, 2011


1. Pengertian Psikosomatis
Psikosomatis berasal dari dua kata yaitu ” psycho” yang artinya pikiran dan “soma” yang artinya tubuh. Psikosomatis dalam dunia medis yaitu merupakan suatu penyakit yang mula-mula dipengaruhi oleh faktor kejiwaan (psikologis), kemudian berjalannya waktu sehingga menjadi penyakit fisik.
Gangguan psikosomatis ini akan mampu berkembang sangat pesat dimasa ketegangan, pergolakan, kekacauan, serta krisis kejiwaan. Psikosomatis merupakan penyakit fisik yang ditimbulkan oleh konflik-konflik psikis, gangguan mental dan kecemasan-kecemasan kronis yang menyebabkan kegagalan sistem pada syaraf dan sistem fisik.

2. Faktor penyebab Psikosomatis
Faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit Psikosomatis memiliki beberapa penyebabnya diantaranya ialah:
a. penyebab umum
b. Penyebab Khusus

a. penyebab umum
Munculnya gangguan Psikosomatis ini disebabkan oleh faktor kejiwaan yang benar-benar berat sehingga membuat diantaranya mengalami ketegangan, memikirkan suatu masalah terlalu berlebihan, serta emosi yang tidak stabil atau emusi yang meningkat terlalu berlebihan. Gejala Psikosomatis ini bisa terjadi pada wanita tua ketika mereka akan melewati masa monopouse, karena pada saat ini mereka akan mengalami suatu kecemasan yang sangat luar biasa karena terjadinya transisi antara usia muda menjadi padasaat kondisi dimana tidak lagi dalam masa subur. Sehingga hal ini bisa memicu datang atau timbulnya gejala psikosomatis.
Kekurangan fitamin merupakan suatu problem yang sangat berpengaruh. Biasanya kekurangan vitamin B terutama vitamin b1 dan b6 bisa menjadi masalah masalah emosional yang bisa menjadi sumber dari suatu permasalahan yang menimbulkan terjadinya gangguan psikosomatis. Gangguan psikosomatis biasanya membiarkan dirinya tetap kekurangan vitamin B sampai sedemikian rupa, sehingga menjadi murung serta menjadi selalu gelisah. Seperti contoh sebagai berikut:
Mereka yang terganggu pada alergi makanan tetentu mereka akan selalu menghindari makanan yang ia benci padahal makanan yang ia jauhi danselalu ia hindari tersebut mengandung vitamin B yang sangat baik bermanfaat bagi tubuh, sehingga psikosomatis yang diderita semakin berat dan kronis. Untuk menghentikan ini diperlukan kesadaran didalam diri untuk merubahnya yaitu dengan memutuskan kebiasaan yang buruk tersebut dengan menerapkan pola makanan yang baik dan bergizi serta mau mengkonsumsi vitamin B.

b. Penyebab Khusus
Penyebab khusus terdiri dari berbagai macam yaitu:
1. Faktor genetik
2. Kepekaan terhadap bagian tubuh tertentu
3. Kepribadian
4. Hubungan interpersonal yang tidak sehat

3. Tanda-tanda Psikosomatis
Selalu gelisah dan merasa tidak enak badan,hati yang selalu terasa gundah, susah untuk tidur, mengeluarkan keringat terlalu berlebihan.

Gangguan yang Disebabkan Psikosomatis
1. Hypertension atau supertension (tekanan darah tinggi)
Emosi yang bergejolak beserta kecemasan yang tidak dapat terkontrol sehingga bisa membuat ter ganggu aliran pada pembuluh darah dan jantung
2. Tukak Lambung
Dari hasil penyelidikan emosi yang berlebihan bisa menyebabkan keluarnya getah lambung secara berlebihan

3. Anoxia Nervous
Tidak mau makan dan selalu muntah ketika mau makan menyebabkan badan menjadi kurus.

4. Migran dan pusing karena tegang
Biasanya terjadi pada kaum wanita, karena memiliki sifat atau perasaan yang sansat sensitif.


4. Beberapa kasus Psikosomatis
Seorang anak ketika Ibunya memasakkan sesuatu makanan, ternyata si anak tidak mau makan yang dikarenakan masakan itu tidak ia senangi namun itu mengandung vitamin b. Lama kelamaan anak itu menjadi kurus dan merasa gelisah / ketakutan ketika menghadapi masalah sedikit.



Sumber
Katonoi, kartini, PATOLOGI SOSIAL 3 Gangguan-gangguan kejiwaan. Penerbit Rajawali pers.
…………………, PSIKOLOGI ABNORMAL dan ABNORMALITAS SEKSUAL. Penerbit CV. Mandar Maju 1989: Bandung
Supratiknya, MENGENAL PRILAKU ABNORMAL. Penerbit Kanisius:. Yogyakarta. 1995.
www.google.co.id/gejalapsikosomatis

  1. willya Says:
  2. makasi atas makalahnya.,., bermanfaat bgt untuk bikin tugas.,., :)

     
  3. like thiss,,sangat bermanfaat sekali,,, :)

     
  4. makasihh yaa,,,,,sangat bermanfaat,,,membantu sekali,,,, :)

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR