Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

RPP (IPS)

Diposkan oleh romiariyanto Sunday, December 26, 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPS
Jumlah Pertemuan :

I. Standar Kompetensi.
Memahami sejarah kenampakan alam dan keagaman suatu bangsa lingkungan Kabupaten, Kota dan Porpinsi

II. Kompetensi Dasar.
1. Membaca peta/atlas/globe tentang lingkunagan setempat kabupaten, kota dan propinsi
2. Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi dari peta, atlas/globe
3. Menceritakan kembali jenis dan ketersebaran sumber daya alam serta pemamfaatan nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat kabupaten, kota dan propinsi
5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah setempat dan menjaga kelestariannya

III. Indikator.
• Menunjukkan simbol yang terdapat pada peta
• Membedakan symbol yang terdapat pada peta
• Menyebutkan batas yang terdapat pada peta
• Mengenal macam kenampakan alam yang ada di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
• Membedakan kenampakan alam alami dan ala buatan
• Mendeskripsikan kenampakan alam kabupaten, kota dan propinsi
• Mengenal jenis dan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat


RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPS
Jumlah Pertemuan :

I. Standar Kompetensi.
Memahami sejarah kenampakan alam dan keagaman suatu bangsa lingkungan Kabupaten, Kota dan Porpinsi

II. Kompetensi Dasar.
1. Membaca peta/atlas/globe tentang lingkunagan setempat kabupaten, kota dan propinsi
2. Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi dari peta, atlas/globe
3. Menceritakan kembali jenis dan ketersebaran sumber daya alam serta pemamfaatan nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat kabupaten, kota dan propinsi
5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah setempat dan menjaga kelestariannya

III. Indikator.
• Menunjukkan simbol yang terdapat pada peta
• Membedakan symbol yang terdapat pada peta
• Menyebutkan batas yang terdapat pada peta
• Mengenal macam kenampakan alam yang ada di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
• Membedakan kenampakan alam alami dan ala buatan
• Mendeskripsikan kenampakan alam kabupaten, kota dan propinsi
• Mengenal jenis dan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat
• Membedakan jenis dan persebaran yang terdapat di lingkungan setempat
• Menyebutkan mamfaat jenis dan persebaran untuk kegiatan ekoomi di lingkungan setempat
• Menceritakan kembali jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemamfaatan nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
• Mengenal macam-macam suku bangsa dan budaya di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
• Menunjukkan keragaman suku bang sad an budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi]
• Membedakan keragaman suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
• Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
• Menyebutkan contoh peninggalan sejarah setempat
• Menyebutkan cara menjaga kelesterian peninggalan sejarah

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses kegiatan belajar mengajar diharapkan siswa mampu
1. Menunjukkan symbol yang terdapat pada peta
2. Menyebutkan beda symbol dalam peta
3. Menjelaskan batas-batas yang terdapat pada peta
4. Menyebutkan kenampakan alam yang ada di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
5. Memnedakan kenampakan alam alami dengan alam buatan
6. Menjelaskan kenampakan alam di kabupaten, kota dan propinsi
7. Menyebutkan contoh jenis dan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat
8. Menyebutkan 2 mafaat jenis dan persebaran untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
9. Menceritakan kembali jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemamfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
10. Mengenal macam suku bangsa dan budaya di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
11. Menyebutkan keragaman suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupatan kota dan propinsi
12. Membedakan keragaman suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
13. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
14. Mengenal contoh peninggalan sejarah setempat
15. Menentukan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah

V. Materi Pelajaran.
1. Membaca peta
2. Kenampakan alam
3. Persebaran sumber daya alam
4. Keragaman suku bangsa
5. Peningagalan sejarah

VI. Alokasi Waktu.

VII. Metode Pembelajaran.
1. Tanya jawab
2. Penugasan
3. Ceramah
4. Drill

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Pertemuan I
a. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa; coba kamu ke belakang kelas kita apa yang Nampak?, siapa yang pernah pergi ke pantai padang?, siapa yang membuat laut?
b. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menunjukkan symbol pada peta
- Symbol rawa
- Sungai
- jalan kereta api
• Dengan bimbingan guru siswa dapat membedakan symbol di peta
• Dengan bimbingan guru siswa dapatmenyebutkan batas-batas yang terdapat di peta
c. Kegiatan akhir
Menyimpulkan pelajaran yang telah dijelsakan guru
Mencatat kesimpulan
2. Pertemuan II
a. Kegiatan wal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan pelajaran minggu sebelumnya tentang symbol-simbol yang terdapat pada peta
b. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa dapat mengenal kenampakan alam di globe
• Dengan bimbingan guru siswa dapatmenyebutkan kenampakan alam yang terdapat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
Kenampakan alam; gunung, daratan tinggi, daratan rendah, pantai
• Dengan bimbingan guru siswa dapat membedakan kenampakan alam dengan kenampakan buatan
Alam buatan – waduk, rumah, mesjid
Alam alami – gunung, sungai, pantai
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menjelaskan kenampakan alam kabupaten, kota dan propinsi
c. Kegiatan akhir
Menyimpulkan pelajaran tentang materi yang di pelajari
Mencatat hasil dari kesimpulan


3. Pertemuan III
a. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan pelajaran minggu sebelumnya, menanyakan kepada siswa gunung termasuk alam buatan atau alam alami
b. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa dapat memberi contoh jenis sumber daya alam lingkungan setempat
Sumber daya alam terbagi 2
Dapat di perbaharui – yang dapat dihasilkan kemabali
Tidak dapat di perbaharui – yang tidak bias kita buat/produksi
Contoh yang dapat di perbaharui: hasil tani, perkebunan, peternakan
Contoh yang tidak dapat di perbaharui: minyak bumi, gas alam, barang tambang
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan mamfaat, jenis dan persebaran untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat: hasil pertanian, perkebunan, peternakan, hasil laut, hutan, tambang
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menentukan kembali jenis dan persebaran sumber daya alam serta mamfaatnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
c. Kegiatan akhir
Menyimpulkan pelajaran tentang materi yang di pelajari
Mencatat hasil dari kesimpulan
4. Pertemuan IV
a. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan pelajaran minggu sebelumnya, sebutkan sumber daya alam yang dapat di perbaharui, siapa tau arti “bhineka tunggal ika”
b. Kegiatan inti
 Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan bermacam-macam suku bangsa dan budaya di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
- Keragaman suku bangsa
- Keragaman budaya
- Keragaman bahasa daerah
- Keragaman kesenian daerah
 Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan keragaman suku bangsa dan budaya di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi; tarian, lagu, rumah adat, pakayan adat, senjata tradisional
 Dengan bimbingan guru siswa dapat menghargai suku bangsa dan budaya setempat di lingkungan kabupaten, kota dan propinsi
- Tidak mencela setiap tradisi atau kebudayaan yang tumbuh di masyarakat
- Tidak membedakan suku bangsa/tidak membanggakan suku sendiri
c. Kegiatan akhir
Menyimpulkan pelajaran tentang materi yang di pelajari
Mencatat hasil dari kesimpulan
5. Pertemuan V
a. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan contoh peninggalan sejarah setempat, menyebutkan arti dari sejarah
Sejarah : cerita tentang kehidupan masa lalu
Contoh benda bersejarah : candi, prasati, benteng
• Dengan bimbingan guru siswa dapatmencontohkan cara menjaga kelestarian eninggalan sejarah
- Kebersihanya kita jaga
- Benda-bendanya kita simpan di museum
b. Kegiatan akhir
Mengadakan penilaian

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPS kls IV, penerbit Erlangga


X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes lisan
b. Tes tulisan


Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR