Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

RPP (IPA)

Posted by romiariyanto Sunday, December 26, 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/II
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
1. Memehami antara struktur tubuhmanusia dengan fungsi seta pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar.
1.1. Mendistribusikanhubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2. Menerapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh
1.3. Mendeskrpsikan hubungan antara struktur panca indera dan fungsinya
1.4. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III. Indikator.
• Menyebuthan 3 bahagian rangka tubuh manusia
• Menjelaskan fungsi rangka
• Menyebutkan cara memelihara rangka tubuh
• Mempraktekkan cara memelihara rangka tubuh
• Menyebutkan alat indera manusia
• Menyebutkan kegunaan alat indera
• Mengenal cara merawat alat indera
• Mempraktekkan cara merawat alat indera

RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/II
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
1. Memehami antara struktur tubuhmanusia dengan fungsi seta pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar.
1.1. Mendistribusikanhubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2. Menerapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh
1.3. Mendeskrpsikan hubungan antara struktur panca indera dan fungsinya
1.4. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III. Indikator.
• Menyebuthan 3 bahagian rangka tubuh manusia
• Menjelaskan fungsi rangka
• Menyebutkan cara memelihara rangka tubuh
• Mempraktekkan cara memelihara rangka tubuh
• Menyebutkan alat indera manusia
• Menyebutkan kegunaan alat indera
• Mengenal cara merawat alat indera
• Mempraktekkan cara merawat alat indera

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses kegiatan belajarmengajar diharapkan siswa dapat
1. Mengucapkan3 bagian utama rangka tubuh manusia
2. Menyebutkan fungsi rangka tubuh
3. Mengucapkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia
4. Mempraktekkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh manusia
5. Menyabutkan alat indera manusia
6. Menjelaskan kegunaan alat indera manusia
7. Mengenal cara memelihara kesehatan alat indera
8. Mempraktekkan cara memelihara kesehatan alat indera

V. Materi Pelajaran.
1. Rangka manusia dan fungsinya
• Rangka kepala
• Rangka badan
• Rangka gerak
2. Memelihara kesehatan rangka tubuh
3. Panca indera dan fungsinya
4. Memelihara panca indera

VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit (3x tatap muka)

VII. Metode Pembelajaran.
• Tanya jawab
• Penugasan
• Drill
• Ceramah

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Pertemuan I
a. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa, siapa yang tau rangka terbagi berapa, apa guna tangan bagi kita


b. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat menyabutkan 3 bagian utama rangka tubuh manusia; kepala, badan, gerak
• Secara bergantian siswa mengucapkan bagian dari rangka tubuh manusia
• Mengamati gambar rangka tubuh
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan cara memelihara kesehatan ranga tubuh
- Perlu memakan makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium
- Minum susu, makan ikan
• Dengan bimbingan Gurusiswa dapat mempraktekkan cara memelihara kesehatan rangka tubuh
- Usahakan punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat badan dari lantai
- Usahakan agar tangan kanan dan kiri mengangkat beban yang berat nya sama
- Usahakan duduk dan berdiri dalam posisi tegak
c. Kegiatan akhir
Mencatat kesimpulan materi yang telah dipelajari

2. Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Membahas siklus tentangrangka tubuh manusia
Apprersepsi; siapa yang tau tentang alat indera dan apa guna alat indera bagi kita
b. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat mengucapkan alat-alat indera : mata telinga hidung kulit
• Tanya jawab tentang alat indera
• Dengan bimbingan Guru siswa dapatmenjelaskan kegunaan alat indera manusia

Mata – melihat
Telinga – mendengar
Lidah – merasa/ mengecap
Hidung - menciaum/pembau
Kulit - peraba
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat mengenal cara memelihara kesehatan mata
- Banyak makan vitamin A
- Menjaga kebersihan mata
Tanya jawabhubungan panca indera dengan fungasinya
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat memelihara panca indera
- Memekai kacamata agar terhindar dari debu
- Hindarkan menontun TV terlalu dekat
- Ambil kapas barudicongkel telinga
- Jangan minum air panas
- Ada sampah hidung dan mulut nya di tutup
Mempraktekkan cara merawat panca indera
c. Kegiatan akhir
Melaksanakan penilaian

IX. Sumber Belajar.
Buku paket : sains Kls IV, Erlangga, karangan Haryanto

X. Penilaian
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil


2. Jenis penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Tes perbuatan



Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


Instrument tes lisan
a. Tes lisan
1. Sebutkan yang termasuk rangka kepala
2. Sebutkan yang termasuk rangka badan
3. Sebutkan yang termasuk rangka gerak
4. Sebutkan fungsi rangka
5. Sebutkan alat indera manusia

b. Tes perbuatan
1. Lakukan cara memelihara kesehatan tubuh
2. Lakukan cara memelihara kesehatan panca indera

c. Berilah tandasilang (x) pada salah satu jawaban yang tepat
1. Mata berguna untuk
a. melihat b. bicara c. mencium
2. Untuk mendengar kita menggunakan
a. kaki b. telinga c. mata
3. Lidah berguna untuk
a. melihat b. mendengar c. mengecap/merasa
4. Indera pembau adalah
a. hidung b. mata c. tangan
5. Kulit termasuk indera
a. peraba b. mendengar c. mencium


Bahagian Rangka
No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Baik Cukup Kurang
1
2
3
4
Dapat mengucapkannya
Tau dengan yang diucapkan
Tau fungsinya
Dapat menunjukkan benda sambil menyabutkananya
Jumlah/total skor

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Mampu Dgn bantuan Tidak
1
2
3 Memelihara kesehatan tubuh luar
Memelihara kesehatan tubuh dalam
Memelihara kesehatan panca indera

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal



RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
2. Memahami hubungan antara struktur bahagian tumbuhan dan fungsinya

II. Kompetensi Dasar.
2.1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya
2.2. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3. Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga tumbuhan dan fungsinya

III. Indikator.
• Menyebutkan contoh macam-macam akar
• Mengenal antara struktur akar tumbuhan serta fungsi nya
• Mengenal bagian-bagian tumbuhan batang
• Menjelaskan hubungan struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
• Mengenal bagian-bagian tumbuhan daun
• Menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan
• Mengenal bagian-bagian bunga
• Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dan fungsinya

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses kegiatan belajar mengajar diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan 3 contoh macam akar
2. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya
3. Menjelaskan bagian-bagian dari batang
4. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dan fungsinya
5. Jelaskan bentuk daun menurut susunan nya
6. Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dan fungsinya
7. Menyebutkan bagian-bagian dari bunga
8. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga tumbuhan dan fungsinya

V. Materi Pelajaran.
1. Macam akar
Fungsi akar
2. Bagian batang
Fungsi batang
3. Bagian daun
Fungsi daun
4. Bagian bunga
Fungsi bunga

VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit

VII. Metode Pembelajaran.
• Tanya jawab
• Penugasan
• Drill
• Ceramah

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Pertemuan I
a. Kegiatan awal
Member appersepsi menanyakan kepada siswa; siapa yang pernah mencabut tumbuhan, siapa yang dirumah nya ada bunga yang hidup.
b. Kegiatan inti
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan 3 macam akar : akar serabut, akar gantung, akar tunggang
• Mengamati akar tumbuhan yang ada
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat menjelaskanstruktur akar dengan fungsinya : akar berguna untuk menyerap air dan zat hara memperkokoh serta menjadi alat pernafasan
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan jenis batang : batang basah, batang berkayu, batang rumput
• Tanya jawab tentang batang
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan struktur batang serta fungsinya : batang berguna untuk mengangkut makanan, penampung/menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan
c. Kegiatan akhir
Menyimpulkan materi secara bersma dengan siswa serta mencatat hasil dari kesimpulan materi pelajaran

2. Pertemuan II
a. Kegiatan awal
Membahsa sekilas pelajaran entang akar dan batagn, bunga mempunyai berapa bagian
b. Kegiatan inti
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari : pelepah, bagian helai daun, bagian tangkai
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menjelaskan fungasi daun : daun sebagai alat pernafasan tumbuhan, daun sebagai tempat berlangsungnya penguapan
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan bagian dari bunga (bunga sempurna) : tangkai bunga, kelopak bunga, dasar bunga, mahkota, benang sari dan putik
• Denagan bimbingan Guru siswa dapat menjelaskan kegunaan bunga : bunga untuk mempercantik tumbuhan, tempat berlangsungnya perkembang biakan tumbuhan
c. Kegiatan akhir
Melaksanakan penilaian

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPA penerbit, Erlangga, kls IV, pengarang Haryanto

X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan




Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


Instrument tes lisan
a. Akar dan batang
1. Jelaskan 2 macam akar (dibantu dengan bahasa isarat)
2. Sebutkan apa guna akar
3. Sebutkan 2 jenis batang
4. Sebutkan baatang berguna sebagai
5. Tebu menyimpan makanan pada

b. Daun
1. Sebutkan bagian dari daun dengan lengkap
2. Sebutkan bentuk daun singkong
3. Sebutkan tulang daun yang menirip
4. Daun singkong disebut daun
5. Sebutkan warna daun yang telah masak

c. Objektif
Berilah tanda (X) pada salah satu jawaban yang paling tepat
1. Daun lengkap memiliki
a. batang b. biji c. helai
2. Buah berfungsi mendukung pertumbuhan
a. daun b. biji c. batang
3. Bunga berguna sebagai
a. hiasan b. mainan c. sayuran
4. Jagung termasuk tumbuhan batang
a. rumput b. basah c. kayu
5. Sungkung termasuk tulang daun
a. menyirip b. menjari c. sejajar



No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Baik Cukup Kurang
1
2
3
4
5 Macam akar
Keguanaan akar
Jenis batang
Batang berguna sebagai
Tebu menyimpan makanan pada

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
mampu Dengan bantuan Tidak
1
2
3
4
5 Bahagian daun yang lengkap
Bentuk daun singkong
Daun yang menyirip daun
Daun singkong disebut
Daun masak warna

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal


Kunci Jawaban
A. B.
1. Akar serabut,akar tunggal 1. Helai tangkai pelepah
2. Menyerap air 2. Menjari
3. Batang basah, batang berkayu 3. Daun rambutan
4. Cadangan makanan 4. Tunggal
5. Batang 5. Coklat
C.
1. a.
2. b.
3. a.
4. b.
5. b.



RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan nya

II. Kompetensi Dasar.
3.1. Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan

III. Indikator.
• Mengenal jenis-jenis makanan hewan
• Mengelompokkan jenis makanan hewan (jenis, bentuk)
• Menyebutkan jenis hewan
• Mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya (herbivore, karnivora amnivora)

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses belajar mengajar diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan jenis makanan hewan
2. Mengelompokkan jenis makanan hewan
3. Menyebutkan jenis hewan
4. Mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanan nya

V. Materi Pelajaran.
1. Makanan hewan
2. Hewan berdasarkan jenis makanannya
VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit (3x tatap muka)

VII. Metode Pembelajaran.
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Penugasan
4. Drill

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa; siapa yang tau jenis makanan hewan, siapa yang punya hewan di rumah
2. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan jenis makanan hewan : makanan berupa tumbuhan, makanan berupa hawan
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat mengelompokkan jenis makanan hewan:
- Ulat – makan daun
- Kupu-kupu – menyerap sari bunga
- Cicak – makan nyamuk
- Katak – makan nyamuk
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat menyebutkan golongan hewan:
- Herbivora – makan tumbuhan
- Karnivora – makan hewan
- Omnivora – makan tumbuhan dan hewan
• Dengan bimbingan Guru siswa dapat mengolongkan jenis hewan:
- Herbivora – kelinci, kambing, kijang, sapi, gajah, jerapah
- Karnivora – kucing, anjing, harimau, serigala, ikan hiu, burung elang
- Omnivora – ayam, bebek, burung, dan tikus

3. Kegiatan akhir
Mengadakan penilaian

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPA (sains) kls IV, penerbit Erlangga

X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes tulisan
b. Tes lisan


Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


Instrument tes lisan
A.
1. Sebutkan makanan cicak
2. Sebutkan hewan yang makan rumput
3. Sebutkan apa makanan kelinci
4. Sebutkan makanan kuda
5. Hewan pa yang cari makan malam hari

B.
1. Hewan di kelompokkan ataas berapa golongan
2. Sebutkan hewan yang termasuk herbivora
3. Sebutkan hewan yang termasuk karnivora
4. Sebutkan hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan dan hewan lain
5. Sebutkan hewan yang makanannya berasal dari timbuhan saja


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Baik Cukup Kurang
1
2
3
4
5 Makanan cicak adalah
Hewan yang makan rumput
Maknan kelinci
Makanan kuda
Hewan yang cari makan malam hari

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
mampu dibantu tidak
1
2
3
4
5 Hewan dikelompokkan atas berapa golongan
Hewan yang termasuk hebivora
Hewan yang termasuk karnivora
Hewan yang makan tumbuhan dan hewan
Hewan yang makan tumbuhan

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal




RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
4. Memehami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

II. Kompetensi Dasar.
4.1. Mendeskripsikan daur hidupberapa hewan dan lingkungan sekitar
4.2. Meninjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, missalnya; kucing, ayam, ikan

III. Indikator.
• Menyebutkan daur hidup dari beberapa jenis hewan
• Menghubungkan daur hidup hewan dengan lingkungan
• Mengenal jenis-jenis hewan peliharaan
• Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan
• Mendemonstrasikan cara merawat hewan peliharaan

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses kegiatan belajar-mengajar diharapkan siswa mampu
1. Menyebutkan daur hidup dari beberapa jenis hewan
2. Menjelaskan daur hidup hewan dengan lingkungan nya
3. Menyebutkan jenis-jenis hewan peliharaan
4. Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan
5. Mempraktekkan cara memelihara hewan peliharaan


V. Materi Pelajaran.
1. Daur hidup hewan
2. Hewan peliharaan

VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit (3x tatap muka)

VII. Metode Pembelajaran.
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Penugasan
4. Drill

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan awal
Member appersepsi dengan menanyakan kepada siswa; siapa yang tau hewan apa saja yang boleh di pelihara di rumah?
2. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan Guru siswa dapatmenyebutkan daur hidup dari beberapa hewan: ayam, kangguru, kupu-kupu katak



• Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hewan peliharaan; burung, ayam, kambing, sapi
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menjelaskancara merawat hewan peliharaan

3. Kegiatan akhir
Menyimpulkan pelajaran tentang materi pelajaran dan mencatat kesimpulan materi yang diajarkan

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPA kls IV, penerbit Erlangga, pengarang Haryanto
Lingkungan

X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Tes perbuatan



Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


Instrument tes lisan
A.
1. Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu; disebut daur hidup….
2. Sebutkan hewan peliharaan
3. Sebutkan hewan peliharaan kaki empat
4. Sebutkan yagn termasuk hewan yang menyusui
5. Sebutkan daging hewan yang boleh kita makan

B.
1. Telur – belatung – pupa – nyamuk; termasuk daur hidup
a. nyamuk b. katak c. lalat
2. Telur - kecebong – katak muda – katak dewasa; termasuk daur hidup
a. kecoak b. katak c. kupu-kupu
3. Hewan peliharaan adalah
a. kucing b. serigala c. harimau
4. Telur – kecoak muda – kecoak; termasuk daur hidup
a. lalat b. kecoak c. kucing
5. Telur – jentik-jentik – pupa – nyamuk; termasuk daur hidup
a. katak b. kecoak c. nyamuk


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Baik Cukup Kurang
1
2
3
4
5 Telur – ulat – kepompong – kupu-kupu
Hewan peliharaan
Hewan peliharaan berkaki empat
Hewan menyusui
Daging hewan yang biasa dimakan

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksim
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
5. Memahami sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungan

II. Kompetensi Dasar.
5.1. Mengidentivikasi beberapa jenis hubungan khusus (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antara makhluk hidup (rantai makanan)
5.2. Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan

III. Indikator.
• Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di sekitarnya
• Menuliskan/menggambarkan rantai makanan
• Menjelaskan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan lingkungan
• Menyebutkan hbungan makhluk hidup dengan lingkungan

IV. Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses kaegiatan belajar-mengajar diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan dan tumbuhan sekitar nya
2. Menuliskan rantai makanan
3. Menyebutkan bentuk-bentuk ketergantungan
4. Menyebutkan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya


V. Materi Pelajaran.
1. Simbiosis rantai makanan makhluk hidup
- Simbiosis mutualisme
- Simbiosis komensulisme
- Simbiosisparasitisme
2. Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan
- Lingkungan hutan
- Lingkungan sawah
- Lingkungan Kolam luas
- Lingkungan kebun

VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit (3x pertemuan)

VII. Metode Pembelajaran.
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Drill
4. Penugasan

VIII. Kegiatan Pembelajaran.

1. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa; kupu-kupu hidup nya saling tergantung kepada………, padi termasuk ekosistem……
2. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan ketergantungan hewan dengan tumbuhan
Contoh : antara kupu-kupu dengan bunga
Antara padi dengan tikus
• Dengan bimbingan guru siswa membuat contoh rantai makanan
Contoh : pohon – ulat – burung - kucing
• Dengan bimbingan guru siswa menyebutkan ketergantungan makhluk hidup dengan lingkungan
Contoh : sawah, kola, sungai dan laut, sebagai makhluk hidup tingagal bersama (ekosistem)
3. Kegiatan akhir
Mengadakan penilaian

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPA kls IV, penerbit Erlangga, pengarangHaryanto

X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan



Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)


Instrument tes lisan
A.
1. Sebutkan contoh ketergantungan hewan dengan tumbuhan
2. Sebutkan ketergantungan burung jalak dengan kerbau
3. Sebutkan nama yang menguntungkan kedua belah pihak
4. Sebutkan ekosistem di darat dengan anggota terbanyak
5. Sebutkan anggota ekosistem kolam dapat berbeda tergantung pada

B.
1. Hubungan satu di rugikan, satu di untungkan contoh nya adalah:
a. anggrek dengan pohon besar b. kupu-kupu dengan bunga
c. kerbau dengan burung jalak
2. Contoh ekosistem alam adalah
a. hutan b. kolam hias c. taman hiasan
3. Perubahan lingkungan yang merugikan dapat terjadi karena
a. penanaman hutan b. pencemaran tanah c. bangunan
4. Berdasarkan proses ekosistem dibedakan menjadi …… golongan
a. 6 b. 4 c. 2
5. Padi – tikus – ular, ini termasuk rantai makaknan
a. sawah b. kebun c. laut


No Aspek Yang Dianalisis Kemampuan Ket
Baik Cukup Kurang
1
2
3
4
5 Contoh ketergantungan hewan dengan tumbuhan
Ketergantunga burung jalak dengan kerbau
Nama yang menguntungkan kedua belah pihak
Ekosistem di darat yang anggota terbanyak
Ekosistem kebun dapat berbeda tergantung pada

Nilai skor peroleh × 100
Skor maksimal



RPP SELENGKAPNYA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDLB/B
Kls/Semester : IV/I
Bidang Studi : IPA
Jumlah Pertemuan : 3 minggu

I. Standar Kompetensi.
6. Memahami beeragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifat nya

II. Kompetensi Dasar.
6.1. Mendeskripsikan wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu
6.2. Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud air; cair - padat – cair, cair – gas – cair, padat – gas
6.3. Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya pada gas

III. Indikator.
• Menybutkan macam-macam wujud benda
• Menyebutkan sifat-sifat benda berdasarkan perubahannya
• Melakukan perobahan tentang wujud benda
• Mengenal contoh perobahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
• Menentukan bahan yang sesuai untuk tujuan tertentu
• Menjelaskan hubungan antara sifat

IV. Tujuan Pembelajaran.
1. Menyebutkan macam wujud benda
2. Menjelaskan sifat-sifat benda berdasarkan perobahan
3. Menyebutkan contioh perobahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
4. Menyebutkan bahan yang sesuai untuk tujuan tertentu
5. Menjelaskan hubungan antara sifat

V. Materi Pelajaran.
1. Wujud benda dan sifat
2. Perobahan wujud benda

VI. Alokasi Waktu.
3x30 menit (3x pertemuan)
VII. Metode Pembelajaran.
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Drill
4. Penugasan

VIII. Kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan awal
Memberikan appersepsi dengan menanyakan kepada siswa; siapa yang pernah makan es, termasuk benda apakah es itu
2. Kegiatan inti
• Dengan bimbingan guru siswa menyebutkan 3 macam wujud benda; benda padat, benda cair, gas
Tanya jawab tentang wujud benda
• Dengan bimbingan guru siswa menjelsakan sifat benda berdasarkan perobahan
- Benda padat tetap, tidak mengikuti bentuk wadah, bentuk benda padat dapat di ubah
- Bentuk nenda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadah nya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar
- Bentuk gas tidak tetap, gas menekan ke segala arah
• Dengan bimbingan guru siswa menyebutkan contoh perobahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Margarine dipanaskan akan mencair, Air didinginkan akan membeku
Melakukan percobaan tentang perobahan wujud benda
• Dengan bimbingan guru siswa menyebutkan sifat bahan sesuai tujuan
Kayu untuk buat lemari,kursi
Kapuk untuk buat kasur, bantal
• Dengan bimbingan guru siswa menjelaskan hubungan bahan dengan sifat
Bahan plastic bersifat tidak tembus air
Ember tidak tembus air
Menugaskan siswa yang bahan-bahan yang lain sesuai dengan tujuan
3. Kegiatan akhir
• Menyimpulkan pelajaran yang telah dijelaskan
• Mencatat kesimpulan
• memberi tugas mencari bahan yang tidak tembus air

IX. Sumber Belajar.
Gambar
Buku paket IPA kls IV, penerbit Erlangga, pengarang Haryanto

X. Penilaian.
1. Prosedur
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
2. Jenis penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan



Mengetahui Padang 2010
Kepala SLB N 1 Padang Guru Kelas


(AFRIADI. S.Pd ) (YUSTI ERLINDA. S.Pd)
Instrument tes lisan
1. Sebutkan sifat benda padat
2. Sebutkan sifat benda cair
3. Bentuk permukaan benda cair yang tenang adalah
4. Sebutkan sifat gas
5. Sebutkan benda yang larut dalam air

Berilah tanda (X) pada salahsatu jawaban yang tepat
1. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair disebut
a. mencair b. membeku c. menyublin
2. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda gas disebut
a. menguap b. menyublin c. membeku
3. Benda di bawah yang merupakan benda gas adalah
a. batu es b. air c. asap
4. Air meneruskan tekanan ke
a. atas b. bawah c. segala arah
5. Logam digunakan untuk membuat penggorengan karena sifatnya yang
a. tembus pandang b. tahan api c. tahan air


RPP Selengkapnya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BIDANG STUDI : SAINS
KELAS / SEMESTER : V II C
SEKOLAH : SLB YPAC SUMATERA BARAT
I. STANDAR KOMPETENSI
Memahami pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari

II. KOMPETENSI DASAR
Mengumpulkan informasi tentang pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari

III. INDIKATOR
A. Menyebutkan pengertian energi
B. Menyebutkan jenis-jenis energi
C. Menyebutkan sumber-sumber energi
D. Menyebutkan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari

IV. ALOKASI WAKTU
Waktu kegiatan belajar mengajar adalah 2 X 35 menit

V. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Siswa dapat menyebutkan pengertian energi
B. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis energi
C. Siswa dapat menyebutkan sumber-sumber energi
D. Siswa dapat menyebutkan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari



VI. MATERI
Energi dan sumber energi
Energi merupakan suatu tenaga yang mempengaruhi kehidupan manusia dan digunakan oleh manusia dalam melakukan aktifitas sehari-haari dan usaha baik yang berasal dari alam maupun yang diciptakan oleh manusia. Jadi energi adalah kemampuan benda untuk melakukan usaha.
Energi dapat dikelompokkan menjadibeberapa jenis yaitu energi panas dan cahaya, energi gerak, energi listrik, energi getaran, dan energi kimia
a. Energi panas dan cahaya
Matahari memancarkan panasnya dan dapat kita rasakan panas matahari pada kulit kita jika terkena cahaya matahari secara langsung. Energi panas juga di timbulkan oeh api. Selain energi panas, matahari dan api juga menimbulkan energi cahaya, yang dapat kita lihat pada perbandingan antara siang dan malam.
b. Energi gerak
Energi gerak secara alami ditimbulkan oleh angin dan air. Dan juga dihasilkan oleh kipas angin, bor dan blender. Contoh dapat kita lihat pada bendera yang terdapat di halaman sekolah, bendera akan bergerak apabila ditiup oleh angin.
c. Energi getaran
Geteran adalah gerakan bolak-balik yang teratur dan berulang-ulang. Getaran yang dapat kita denganr disebut dengan bunyi, dan banyak getaran yang tidak dapat kita dengar. Bunyi yang kita dengar disebabkan oleh suatu benda yang bergetar dangetaran tersebut merambat melalui udara kemudian sampai ke telinga kita dan dapat di dengar.selain melalui udara bunyi juga dapat merambat melalui benda padat. Energi getaran yang terbesar adalah gempa dan dapat menimbulkan kerusakan pada bangunan dan jalan.
d. Energi listrik
Energi listrik digunakan dalam berbagai alat rumah tangga dan juga untuk menjalankan mesin. Lampu listrik dapat menyala karena pengaruh arus listrik yang menghasilkan energi listrik.

e. Energi kimia
Energi kimia tersimpan dalam bahan-bahan kimia. Berbagai bahan bakar, batu baterai, dan aki mengandung bahan kimia. Bahan makanan yang kita makan mengandung bahan kimia alami, misalnya nasi, sayuran, kecap, tempe,mentega,dan susu.

VII. METODE PEMBELAJARAN
Metoda yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah :
1. Metoda pengamatan
2. Metoda ceramah
3. Metoda demonstrasi
4. Metoda tanya jawab
5. Metoda penugasan

VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a. Mengkondisikan siswa siap untuk belajar
b. Absensi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menanyakan pada siswa tentang kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari (appersepsi).
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang energi
b. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang arti dari energi
c. Siswa menyimak penjelasan guru tentang jenis-jenis energi
d. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang jenis-jenis energi
e. Siswa menyimak guru menjelaskan tentang sumber-sumber energi
f. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang sumber-sumber energi
g. Siswa mengamati proses dan pengaruh energi terhadap kehidupan sehari-hari
h. Siswa mencobakan dan mempraktekkan pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari
i. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang apa yang di pahami siswa pada proses dan pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari
j. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang apa kegiatan manusia yang yang membutuhkan energi
3. Kegiatan Penutup
a. Menyimpulkan pelajaran
b. Evaluasi
c. Penutup

IX. SUMBER BELAJAR
a. Buku SAINS kelas III karangan Haryanto penerbit Erlangga halaman 107-118
b. Buku SAINS kelas IV karangan Haryanto, penerbit Erlangga halaman 146-173
c. Alat-alat untuk percobaan

X. PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan melakukan evaluasi dengan tes. Instrument tes sebagai berikut :
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, dan d untuk jawaban yang paling benar!
1. Energi yang dimiliki oleh mobil mainan dihasilkan oleh .......
a. Roda-roda nya
b. Bahan pembuat nya
c. Baterai didalam nya
d. Tembaga


2. Alat yang digerakkan energi listrik adakah ......
a. Perahu layar
b. Sepeda
c. Kipas angin
d. delman
3. Sumber energi yang dapat habis di muka bumi adalah ......
a. Minyak tanah
b. Air
c. Angin
d. Sinar matahari
4. Energi yang terkandung pada batu baterai adalah .......
a. Energi panas
b. Energi cahaya
c. Energi gerak
d. Energi kimia
5. Pakayan basah yang dijemur dapat menjadi kering karena adanya energi .....
a. Getaran
b. Kimia
c. Cahaya
d. Panas

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan jelas dan benar!
1. energi adalah kemampuan benda untuk melakukan ........
2. sumber energi panas dan cahaya utama dan ter besar bagi bumi adalah ..........
3. udara yang bergerak disebut dengan ..........
4. aki, baterai, dan makanan mengandung energi ........
5. lampu, kipas angin, setrika dan televisi adalah alat-alat yang menggunakan energi ........

Kunci Jawaban
Pilihan ganda
1. c. Baterai didalam nya
2. c. Kipas angin
3. a. Minyak tanah
4. d. Energi kimia
5. d. Panas
Jawaban singkat
1. usaha
2. matahari
3. angin
4. kimia
5. listrik
Penskoran dari tes ini adalah 1 nomor soal di nilai dengan 10 point, apabila jawaban yang di berikan benar dan tepat.

Padang, 4 juni 2009
Guru Kelas Mahasiswa PL


Yulidar Wahyu. N, S.Pd Romi Ariyanto
NIP. 132 252 666 NIM. 47960.2004


Guru Pamong

Yulidar Wahyu. N, S.Pd
NIP. 132 252 666


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR