Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP TERJADINYA TUNALARAS

Diposkan oleh romiariyanto Thursday, January 27, 2011

A. Lingkungan Keluarga
Keluarga adalah unit sosial terkecil yang memberikan dasar utama bagi perkembangan anak. Keluarga juga merupakan lembaga pertamadan utama dalam melaksanakan proses sosialisasi pembentukan pribadi anak. Keluarga memberikan pengaruh besar dalam pembentukan watak dan kepribadian anak, baik atau buruknya struktur keluarga memberikan dampak baik atau buruknya perkembangan jiwa dan jasmani anak.

Situasi kehidupan keluarga yang memungkinkan timbulnya perilaku menyimpang (tunalaras) pada anak diantaranya adalah:
1. Disharmonisasi dalam keluarga dan rumah tangga yang berantakan
Kurang harmonisnya dalm rumah tangga merupakan sumber yang subur timbulnya penyimpangan tingkah laku pada anak dan remaja, keadaan ini berakibat:
a. Anak kurang mendapatkan perhatian, kasih sayang dan tuntutan pendidikan orangtua karena Bapak atau Ibu masing-masing sibuk mengurusi permasalahannya serta konflik batin sendiri.
b. Kebutuhan anak, baik kebutuhan fisik maupun psikis tidak terpenuhi secara wajar.
c. Anak tidak dibiasakan dengan disiplin dan control diri yang baik di rumah yang sesuai dengan norma-norma yangada dalam kehidupan masyarakat maupun norma-norma agama.

2. Pola kriminal orangtua
Kebiasaan, sikap hidup,tradisi dan filsafat hidup orangtua besar sekali pengaruhnya dalam pembentukan kepribadian anak dalam keluarga, karena itu tingkah laku kriminal orang tua sangat mudah menular pada anak-anak nya.

3. Sikap orangtua
Gangguan tingkah laku pada anak dapat juga dikarenakan sikap orangtua yang menolak kehadiran anaknya di tengah-tengah mereka, sikap menolak ini bisa dikarenakan oleh perkawinan yang tidak bahagia atau kehadiran anak yang tidak diharapkan dalam keluarga. Sikap orangtua yang menolak itu dapat dilihat dari perilakunya dalam kehidupan sehari-hari:
a. Anak kurang diperhatikan dalam makanan, pakayan dan sekolah.
b. Kurang sabar terhadap anak dan cepat marah.
c. Menghukum anak secara berlebihan.
d. Sering diperlakukan berbeda dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain.
e. Sering mengeluarkan perkataan dengan nada mengusir anak itu dari lingkungan keluarga.

B. Lingkungan Masyarakat
Pengaurh lingkungan masyarakat disebut juga pengaruh budaya atau kultur. kebudayaan yang menyangkut nilai-nilai, norma hukum dan adat istiadat yang diserap oleh anak dan remaja dalam kehidupannya. Faktor yang sngat merangsang terjadinya penyimpangan tingkah laku pada anak dan remaja adalah media massa, selain itu ada juga pengaruh lain yang tidak kurang pentingnya menjadi perhatian kita adalah berubahnya fungsi Ibu sebagai pendidik utama dan pertama dalam keluarga.
Pengaruh urbanisasi, anak dan remaja datang dari desa untuk mengadu nasibnya ke kota, di kota mereka di tempat-tempat yang kumuh, masyarakatnya miskin, dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan fasilitas yang sngat kurang, dapat memberikan tekanan-tekanan tertentu kepada mereka, seperti tekanan batin karena kehidupan yangsusah.

C. Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang sangat penting dimana anak di didik untuk menjadi anggota masyarakat yang baik. Kondisi sekolah yang tidak menguntungkan antara lain adalah:
1. Lngkungan fisik yang kurang memenuhi persyaratan.
2. Disiplin dekolah yang kaku dan tidak konsisten.
3. Guru yang itdak simpatik.
4. Masalah kurikulum sekolah.
5. Masalah metode dan teknik mengajar.

Gangguan yang dialami dalam proses perkembangan anak dan remaja sebagai akibat dari perlakuan dan sikap lingkungan yang tidak wajar, sehingga untuk mengatasinya mereka kadang-kadang mencuba melakukan pelarian dan pembelaan diri.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR