Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 13-22 TAHUN

Diposkan oleh romiariyanto Monday, March 28, 2011


A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak Usia 13-22 Tahun
Pertumbuhan merupakan suatu proses dimana anak akan melakukan perubahan yang irreversible, karena adanya tambahan substansi pada tubuh. Pertumbuhan, merupakan proses dimana ketercapainya suatu kedewasaan. Jadi tumbuh kembang memiliki arti yaitu, perubahan menuju tercapainya suatu kedewasaan. Anak yang berumur 13-22 tahun ini disebut dengan masa remaja, dalam masa ini akan terjadi perubahan yang sangat jelas dalam bentuk fisik kematangan seksual bentuk suara dan dalam bersosialisasi dengan lawan jenisnya.

B. Tumbuh kembang Anak dari segi Fisik, Sosial, Bahasa, Motorik, Intelektual, dan Perkembangan Kepribadian
 Segi Fisik
Periode ini akan mengalami kematangan dalam segi fisiknya, Jasmani maupun dari segi rohaninya karena telah mengalami kematangan pada sel kelenjar kelaminnya (biologis), Pada laki-laki adalah testis sedangkan pada wanita adalah ovarium, indung telur pada wanita keduanya adalah tanda kelamin primer. Sebelumnya didahului tanda kelamin sekunder. Tanda kelamin sekunder tersebuat antara lain adalah sebagai berikut:
• Gangguan pada peredaran darah
• Sering merasa berdebar-debar
• Tubuh sering merasa menggigil
• Pertumbuhan bulu atau rambut pada sekitar alat kelamin, ketiak, kumis jambang
• Bagi para wanita akan mengalami perubahan pada bagian dada karena akan mengalami pelebaran dari ukuran semula menjadi meluas, Meluasnya bagian lemak disekitar pinggul, paha, serta perut.
Masa pertumbuhan ini dinilai oleh mereka yang ahli sebagai sedikit melemahnya fungsi rohani peristiwa ini disebut asthenia Fungtional.

 Segi bahasa
Masa ini anak akan menggunakan bahasa dengan benar meskipun mereka menggunakan istilah-istilah mereka tersendiri baik itu resmi, tidak resmi, bahasa nasional atau daerah.

 Segi sosial
Masa ini mereka lebih menjunjung kata-kata persahabatan sejati namun mereka banyak menyimpan rahasinya sendiri, namun aktifitas mereka terlihat ofensif tetapi terkadang saling membantu atau mengganggu. Mereka lebih banyak mempertahankan pendapat serta ego masing-masing.

 Segi Motorik
Masa ini remaja lebih banyak melakukan gerakan yang dapat membuat tubuh mereka ideal bahkan membuatnya menjadi menarik. Hal itu mereka lakukan dengan berbagai cara seperti olahraga serta berias diri.

 Segi Intelektual
Intelektualnya sangat intensif sehingga kemauannya pada dunia luar sangatlah besar, sifat ini menimbulkan fungsi psikis serta rasa ingintahu, sehingga muncul dorongan untuk mencari ilmu pengetahuan.

 Segi Moral
Moral remaja ini sangatlah rentan ia bisa meniru apa yang ia tangkap dan apa yang ia lihat sehingga butuh perhatian dari mereka yang ada disekitarnya baik keluarga dan teman-temannya.

 Segi Kepribadiannya
Kepribadian harus dapat ia latih melalui dirinya sendiri, keluarga, maupun dari lingkungan masyarakat, jika hal itu tidak ia lakukan maka sifatnya tidak akan terkontrol, jika sifat itu terkontrol maka kepribadian pada si anak akan mampu terpupuk dengan baik

  1. Anonymous Says:
  2. cara untuk mempercepat tinggi badan bagaimana ya ????? :-/

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR