Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

Media Pembelajaran Bagi Anak Tunanera, Tunarungu, dan Tunadaksa

Diposkan oleh romiariyanto Thursday, October 27, 2011


Media Pembelajaran Untuk Anak Tuna Netra

Seperti yang kita ketahui Anak Tuna Netra mempunyai keterbatasan dalam indera penglihatannya sehingga mereka memerlukan pelayanan khusus serta media pembelajaran yang khusus juga agar mereka mendapatkan ilmu pengetahuan dan mencapai cita-citanya seperti anak-anak normal lainnya.
Salah satu contoh media pembelajran bagi tuna netra adalah tulisan Braille serta buku-buku yang ada tulisan braillenya agar anak dapat belajar secara maxsimum. Dalam pembelajaran bahasa indonesia anak memakai tulisan Braille dan pada saat membaca juga mempergunakan buku yang ada tulisan braillenya, sedangkan dalam pembelajaran IPA anak diberikan miniatur binatang untuk menambah pengetahuan anak dan menyamakan persepsi mereka namun dalam hal ini guru juga harus menjelaskan bahwa miniatur tersebut adalah bentuk kecil dari binatang yang sedang pelajari.
Dalam pembelajaran IPS, misalnya dalam penggunaan Peta, Peta yang digunakan untuk anak Tuna Netra adalah peta timbul agar anak dapat merabanya dan mengetahui apa dan dimana letak suatu pulau. Selain itu dengan meraba peta timbul dan menerima sensasi raba, siswa diharapkan akan lebih memahami pelajaran yang diberikan, karena mereka telah mengalami perabaan pada media tersebut. Pengalaman tersebut akan lebih mudah tersimpan dalam memori siswa tunanetra.
Dalam pembelajaran Kesenian, anak juga disuruh meraba bentuk-bentuk alat musik yang telah disediakan serta guru menejaskan nama dan cara penggunaan alat musik tersebut dan not-not yang dipergunakan dalam bermain musik juga menggunakan not Braille.
Sedangkan dalam pembelajram Matematika saat mempelajari tentang konsep bangun ruang, anak disuruh meraba bentuk bangun ruang yang telah disediakan oleh guru. Tujuan media ini agar anak mengetahui bentuk bangun ruang juga mengetahui berapa jumlah sisi yang ada pada masing-masing bangun ruang.
Jadi, baik dalam teori maupun yang ada dilapangan, media yang digunakan untuk Anak Tuna Netra lebih spesifik atau lebih mengutamakan media yang bisa mereka raba guna menyamakan persepsi mereka.

Media Pembelajaran Untuk Anak Tuna Rungu
Anak Tuna Rungu memiliki keterbatasan dalam berbicara dan mendengar, media pembelajaran yang cocok untuk Anak Tuna Rungu adalah media visual dan cara menerangkannya dengan bahasa bibir/gerak bibir.
Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk Anak Tuna Rungu dalam sebuah makalah yang berjudul “Media Pembelajaran Bina Komunikasi
Persepsi Bunyi Dan Irama ( BKPBI) adalah sebagai berikut:
Media Stimulasi Visual
a. Cermin artikulasi, yang digunakan untuk mengembangkan feed back visual, dengan melihat/ mengontrol gerakan organ artikulasi diri siswa itu sendiri, maupun dengan menyamakan gerakan/ posisi organ artikulasi dirinya dengan posisi organ artikulasi guru.
b. Benda asli maupun tiruan
c. Gambar, baik gambar lepas maupun gambar kolektif.
d. Pias kata
e. Gambar disertai tulisan, dsb.
Media Stimulasi Auditoris
a. Speech Trainer, yang merupakan alat elektronik untuk melatih bicara anak dengan hambatan sensori pendengaran
b. Alat musik, seperti: drum, gong, suling, piano/organ/ harmonika, rebana, terompet, dan sebagainya.
c. Tape recorder untuk memperdengarkan rekaman bunyi- bunyi latar belakang, seperti : deru mobil, deru motor, bunyi klakson mobil maupun motor, gonggongan anjing dsb.
d. Berbagai sumber suara lainnya , antara lain :
• Suara alam : angin menderu, gemercik air hujan, suara petir,dsb.
• Suara binatang : kicauan burung, gongongan anjing, auman harimau, ringkikan kuda,dsb.
• Suara yang dibuat manusia : tertawa, batuk, tepukan tangan, percakapan, bel, lonceng, peluit, dsb.
e. Sound System, yaitu suatu alat untuk memperkeras suara.
f. Media dengan sistem amplifikasi pendengaran, antara lain ABM, Cochlear Implant dan loop system.

Di lapangan media yang digunakan,misalnya dalam mata pelajaran matematika dengan tema mengenalkan jam,guru membawa tiruan jam dinding sambil menerangkan dengan bahasa bibir guru juga menuliskannya di papan tulis agar anak dapat lebih memahami apa yang guru jelaskan. Dalam pembelajaran IPA, PPKN, Guru juga mempergunakan gambar. Dalam pembelajaran IPS pun demikian, menggunakan media gambar dalam materi kenampakkan dari permukaan bumi dari gambar tersebut guru menjelaskan kepada anak sehingga anak dapat memahami bagaimana bentuk kenampakkan dari permukaan bumi tersebut.
Media Pembelajara Untuk Anak Tuna Daksa
Anak Tuna Daksa dari segi mental dan otaknya normal hanya saja mereka memiliki keterbatasan fisik sehingga memerlukan layanan khusus dan alat bantu gerak , agar mereka bisa melakukan aktifitas sehari-hari tanpa adanya bantuan dari orang lain. Media pembelajaran yang digunakan untuk anak tuna daksa sama dengan anak-anak normal lainnya hanya saja disesuaikan dengan materi dan kecacatan bagian yang mana dialami oleh anak. Agar terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif.

  1. MELA Says:
  2. TERIMA KASIH...BAGUS JUGA ARTIKELNYA

     
  3. Anonymous Says:
  4. dalam pemilihan media, kita harus melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar media yang diterapkan nantinya sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik media yang digunakan juga memang cocok untuk kebutuhan ABK.
    tks.

     
  5. Anonymous Says:
  6. thanks atas artikelnya,,,uda bagus tp alangkah lebih menatik lagi kalow dikasih gambar saat proses pembelajarannya.

     
  7. Anonymous Says:
  8. terima kasih artikelnya.it really helps

     
  9. terima kasih kawan....:-*

     
  10. Unknown Says:
  11. syukron atas artikelnya, tetapi saya masih memerlukan artikel tentang media pembelajaran untuk anak tuna netra, khusus untuk bisang studi Pendidikan Agama Islam. Terima kasih.

     
  12. Anonymous Says:
  13. artikelnya berguna bgt. Thx a lot ;)

     
  14. Unknown Says:
  15. artikelnya bagus :)

     
  16. Anonymous Says:
  17. Woah! I'm really digging the template/theme of this site. It's simple,
    yet effective. A lot of times it's challenging to get that "perfect balance" between superb usability and appearance. I must say that you've done a
    excellent job with this. In addition, the blog loads extremely fast for me on Safari.
    Superb Blog!

    my web blog - child care in Fullerton

     
  18. Anonymous Says:
  19. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing
    this write-up and also the rest of the site is really good.



    Feel free to surf to my web blog ... childcare Fullerton

     
  20. Anonymous Says:
  21. When some one searches for his necessary thing, therefore he/she wants to be available that in detail, therefore that thing is maintained over here.


    my page - kindergarten fullerton

     
  22. Anonymous Says:
  23. I am extremely impressed with your writing skills as well as
    with the layout on your weblog. Is this a paid theme or
    did you customize it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing,
    it's rare to see a great blog like this one nowadays.

    My homepage ... fullerton childcare

     
  24. Anonymous Says:
  25. terima kasih banyak, sangat membantu

     
  26. Anonymous Says:
  27. Terbaik laaaa

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR