Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 6 – 12 TAHUN

Diposkan oleh romiariyanto Monday, March 28, 2011


A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak Usia 6-12 Tahun
Bertambah besarnya anak atau perubahan secara nyata yang terjadi pada diri anak karena mengalami perubahan yang sangat drastis ataupu cepat dalam aspek fisis akibat multifikasi sel dan bertambahnya zat interseluler, pertumbuhan tinggi anak dapat dihitung dalam satuan cm ataupun inci, sedangkan berat anak akan dapat dihitung dalam bentuk kilogram atau pound., Perkembangan yang terjadi pada anak akan mulai nampak secaranyata karena pada masa ini anak akan sangat banyak bergaul dengan teman-temannya, dan dari sinilah anak akan mulai membedakan apakah ini baik atau buruk, disinilah pola kepribadian anak akan terbentuk dengan baik.

B. Tumbuh kembang Anak Dari Segi Fisik, Bahasa, Sosial, Motorik, Intelektual, Moral, Serta Kepribadian
 Segi fisik
• Tinggi Badan, kenaikan tinggi badan anak akan mengalami peningkatan 2-3 inci yang rata-rata pertumbuhan tinggi anak perempuan pada saat umur seperti ini mencapai 58 inci serta anak laki-laki mencapai 57,5 inci lebih rendah daripada anak laki-laki.
• Perbandingan Tubuh, Pada masa saat ini anak akan mengalami perubahan perbandingan namun ukuran kepala akan tetap, sedangkan ukuran leher lebih panjang, tungkai kaki lebih panjang, dahi yang akan melebar, badan akan memanjang serta akan membesar.
• Berat Badan, Berat badan ketika anak berumur seperti ini akan bertambah seberat 3-5 pon per tahunnya. Biasanya anak laki-laki me,iliki berat badan seberat 85,5 pon sedangkan anak perempuan memiliki berat 88,5 pon.
• Gigi, Anak akan memiliki 22 gigi tetap, keempat gigi yang terakhir itu akan tumbuh seiring usia anak dalam tahap masa remaja.

 Segi Bahasa
• Perbendaharaan Kata, merupakan modal dasar dalam menggali atau mpun mempotensikan kemampuan dalam berkata-kata yang akan ia peroleh dilingkungan yang ada disekitarnya, karena anak akan mampu mengadopsi apakah kata- kata yang ia pergunakan itu baik ataupun tidak.
• Kosa kata Bilangan, Dari pelajaran yang akan anak itu dapat bdari sekolah dan dibantu dari keluarga anak akan mampu mengetahui bilangan.
• Kosa Kata Waktu, Dalam Berhubungan Dengan orang lain anak akan menggunakan kata-kata yang tepat dalam mengatakan hal yang akan berhub dengan waktu.
• Kosa kata populer atau kata-kata makian, anak akan mempelajari kosa kata populer ini atau makian yang akan ia dapatkan dari orang yang lebih dewasa atau belajar dari apa yang ia lihat dari kehidupan atau dari televisi.
• Kosa kata Rahasia, Anak akan mempergunakan kosakata yang kita akan dengar aneh. Itulah kosa kata rahasia yang akan digunakan anak padasaat ia berkomunikasi dengan teman sebayanya atau teman akrapnya baik tulisan ataupun secara lisan.
• Kosa kata baik dalam cara ia berbicara, cara anak dalam berbicara saat ini sudahlah baik karena anak sudah mulai mencapai usia yang mulai beranjak kemasa remaja.

 Segi sosial
Akhir dari mas kanak-kanak adalah masa dimana anak akan melakukan masa sosialisasi dengan teman-temannya, dengan meniru ataupun mengikuti segala aktifitas ataupun kegiatan yang dilakukan oleh teman-temannya, serta anak akan banyak melakukan kegiatan secara kelompok bahkan anak akan banyak menghabiskan waktunya bersama kelompoknya tersebut.

 Segi Motorik
Segi motorik anak akan lebih baik dari masa-masa sebelumnya karena anak sekarang mulai banyak melakukan gerakan gerakan seluruh badan untuk menunjang aktifitas sehari-harinya. Ini dipengaruhi oleh gizi dari makanan yang ia dapat serta ia peroleh. Serta imunisasi yang ia dapat kan pada masa balita juga sangat mempengaruhinya.

 Segi Intelektual
Segi ini akan sangat nampak pada saat anak diusia ini karena akan terlihat dimana anak yang memiliki kecerdasan yang baik maupun diatas rata-rata atau hal yang sebaliknya dibawah rata-rata ataupun bodoh.

 Segi Moral
Pada usia 5-12 tahun kondisi moral anak akan mengalami perubahan karena, mula-mula anak akan berkata jujur apabila ia bersalah. Namun diusia ini anak mengalami perubahan moral dimana ketika ia berbuat salah atau buruk lainnya ia akan berbohong guna untuk menutupi setiap kesalahan yang ia perbuat.

 Segi Pengembangan Kepribadian
Perkembangan pribadi anak akan mulai mempengaruhi kepribadiannya, akibat itu anak harus memperbaiki konsepdirinya karena sampai kini anak memandang dirinya dari konsep orang tua serta guru, ia akan merubah konsep tersebut sesuai keinginan yang anak itu lakukan terima, serta dapatkan dalam pergaulan.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR