Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 2-5 TAHUN

Diposkan oleh romiariyanto Monday, March 28, 2011


A. Pengertian Anak Usia 2-5 Tahun
Masa kanak kanak akan dicapai ketika si anak melewati masa bayi yaitu sekitar usia 2-5 tahun.
Masa Kanak-Kanak ini akan dibagi menjadi 2 bentuk periode diantaranya adalah sebagai berikut:
• Periode awal yaitu berumur 2-6 tahun
• Periode akhir, pada masa periode ini lah anak akan mengalami perubahan mulai dari anak berumur 6 tahun hingga anak mengalami pematangan seksual.

B. Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak
• Berat Badan anak, berat badan anak rata-rata setiap tahunnya bertambah 3-5 pon. Pada saat usia 6 tahun berat badan anak harus kurang 7 kali berat badan ketika anak baru lahir.
• Tinggi Badan, Pertambahan tinggi badan yang dialami anak kira-kira 3 inci pada setiap tahunnya. Jadi ketika anak usia 6 tahun anak kira-kira mempunyai tinggi badan sekitar 46,6 inci.
• Postur Tubuh, Postur tubuh anak akan mengalami perubahan ketika masa kanak-kanak ini akan tampak perbedaannya, seperti akan terlihat anak yang bertubuh gemuk, kurus.
• Perbandingan Tubuh, Bentuk atau perbandingan akan nampak begitu berbeda pada anak. Karena akan terlihat dengan jelas tubuh anak ketika usia bayi dengan usia kanak-kanak.
• Tulang Serta Otot, Tumbuh perkembangan tulang dan otot ini tergantung kalsium atau makanan yang diserap oleh si anak.
• Gigi, Selama 4-6 bulan anak akan mengalami perkembangan yaitu dengan adanya pertumbuhan gigi.

C. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Bahasa
Pada masa anak-anak ini akan sangat berbeda dengan masa bayi karena anak akan mampu dengan cepat menghafal atau mengucapkan banyak bentuk kosakata, bahkan ia mampu menggunakan 3 ataupun 4 kata untuk kalimat yang akan ia ucapkan.

D. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Sosial
Pada masa ini anak akan melakukan hubungan atau kontak dengan orang yang ada disekitar atau lebih karena masa ini adalah masa dimana anaki akan melakukan hubungan intelektual yang sangat baik dimulai.

E. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi kepribadian
Dalam kepribadian yang akan dilakukan ataupun didapat oleh anak akan sangat banyak dipengaruhi prilaku dari orang tua ataupun dari faktor lingkungan anak itu bersosialisasi dengan masyarakat seperti di sekolahan.

F. Tumbuh Kembang Dari Segi Emosional.
Pada masa ini emosional anak akan tidak stabil karena anak akan begitu cepat emosi dikarenakan sifat ego yang tinggi atau tidak mau mengalah apa yang ada didalam hatinya akan ia luapkan beserta emosinya tersebut.

G. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Moral
Tumbuh Kembang Moral pada saat anak sekarang akan cukup rendah karena pertumbuhan tingkat intelektual anak belum mencapai dimana anak akan dapat memahami dengan baik. Hal ini disebabkan karena anak masih didalam masa pembelajaran.

  1. Wow...artikelnya sangat informatif dan menarik sekali.thanks

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR