Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 0-2 TAHUN

Posted by romiariyanto Monday, March 28, 2011


A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak usia 0-2 Tahun.
(Menurut, D.B. Jeliffe, 1994:10) Pertumbuhan ini juga bisa dikatakan sebagai bertambahnya atau proses perubahan dari sebelumnya masih seperti biasa menjadi sesuatu yang berkembang, atau juga pertumbuhan ukuran badan atau bagian-bagian yang lainnya yang diikuti dengan bertambahnya keterampilan dan daya kreatifitas anak sebagai hasil dari suatu perkembangan yang semakin lama semakin kompleks bagian-bagian tubuh beserta seluruh fungsinya.

B. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Fisik, Sosial, Bahasa, Motorik, Intelektual Moral, Dan Perkembangan Kepribadian.
Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Fisik
• Kenaikan suatu berat badan, pada anak dimasa 3 bulan yang pertama, mengalami kenaikan pada berat badannya yang mencapai seberat 30 gram sehari, namun pada saat si anak mencapai umur kisaran 6 bulan pertama berat badan pada sianak akan kembali meningkat sehingga bertambah menjadi 0,5 kg per setiap bulannya. Pada saat usia si anak mencapai pada bulan yang ke 5 maka berat pada anak akan meningkat seberat 2 kali lipat dari berat anak pada saat lahir. Kemudian akan meningkat 0,35-0,5 kg per bulan sampai pada saat akhir tahun yang pertama. Pada saat menginjak tahun yang ke 2 pertumbuhan berat si anak akan bertambah menjadi 0,25 kg per bulannya.

• Gigi, Pada pertumbuhan gigi ini umumnya diawali dengan pertumbuhan gigi seri tengah yang pertama tumbuh pada usia 16-18 bulan. Kemudian sampai dengan umur yang mencapai 2 tahun,usia bayi biasanya dapat diukur secara kasar.
• Tulang Belulang, Pada mula-mula keadaan tulang belulang bayi belum stabil atau sekuat seperti kita pada saat sekarang ini. Seperti yang kita lihat pada bagian ubun-ubun anak mula-mula memang terbuka atau belum terbentuknya tulang tempurung depan secara sempurna, namun pada saat usia anak sudah mencapai usia 18 bulan barulah keadaan tempurung depan anak akan tertutup dengan baik.
• Ukuran Kepala, Pada saat anak baru terlahir ukuran kepala si anak mencapai, 35 cm, kemudian bertambah menjadi 1-2 cm setiap bulannya lalusampai usia 4 bulan pertama, kemudian bertambah ukurannya menjadi 5 cm pada masa sisi tahun yang pertama.
• Pertumbuhan Otot, Pada anak-anak pertumbuhan otot sangatlah signifikan, oleh karena itu anak membutuhkan protein yang sangat banyak. Pada bayi lingkaran otot lengan atasnya sangatlah besar sekitar 10 cm ketika baru lahir, namun bertambah sehingga menjadi 16 cm pada saat berumur 12 bulan, tetapi hanya akan bertambah ukuran hanya sebesar 1 cm, pada saat 4 tahun yang berikutnya.
• Tinggi Badan, panjang badan pada saat anak baru lahir adalah sekitar 50 cm, namun akan meningkat secara drastis sebesar 50% pada saat akhir tahun pertama sehingga panjangnya menjadi 75 cm pada tahun kedua akan meningkat menjadi dua kali lipat dari panjang badan yang sebelumnya.

Kembang Tumbuh Anak Dari Segi Sosial.
Tumbuh kembangnya anak dari segi sosial dapat dibagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut:
• Masa Bayi (sosialisasi elementer), Pada masa ini anak akan mengalaminya dalam waktu kurang lebih sekitar umur 15-18 bulan, perkembangannya tergantung dari evolusi ataupun perubahannya darikemampuan bawaannya. Seperti contoh: perilaku yang tidak baik akan mempengaruhi tingkah laku anak. Memberikan perhatian dalam segala hal apa punakan mempermudah pada alat sensorik maupun motorik emosional dalam bahasauntuk mlakukan perkembangan sosial yang akan lanjut.
• Masa Kanak-Kanak, meniru sutu pekerjaan yang dilakukan orang tunya dapat ia lakukan pada saat si anak men capai usia sekitar 18 bulan pertama, namunhal yang ia kerjakan bersifat menentang atau melawan dari setiap reaksi dengan marah-marah ataupun dengan ribut. Mulainya bersifat dengan tegas dan susah dikendalikan yaitu mulai dirasakan pada saat anak mulai menginjak usia sekitar 2 tahun.

Tumbuh Kembang Anak Dari segi Bahasa.
Pertumbuhan dan perkembangan anak dalam kemampuan berbicara adalah hal yang paling pertama dilakukan oleh sang anak ketika ia masih bayi, pada saat pertama anak (bayi) akan menangis apabila ia akan meminta sesuatu, memanggil ibunya , ataupun pada saat ia sedang buang air besar ataupun hal-hal yang lainnya.
Kemampuan anak dalam berbicara mengalami perubahan atau melewati fase-fase diantaranya:
• 1 bulan, bayi akan menangis dengan kencangnya jika ingin meminta sesuatu, apakah ia lapar, haus atau ingin buang air oleh karena itu si Ibu harus bisa mengetahui apakah arti dari tangisan anak tersebut.
• 3-6 bulan, bayi sudah dapat mengumpulkan kata-katanya didalam hati, dalam tipe vokal seperti bentuk kicauan burung.
• 6-8 bulan, anak akan memadukan beberapa unsur bunyi-bunyian yang ia dengar dan akan ia adopsi menjadi sebuah maksud yang akan terselubung memiliki arti tersendiri, namun akan mempunyai maksud yang tertentu. Tetapi si anak belum mampu untuk berbicara.
• 10-12 bulan, sudah dapat berbicara, namun hanya bisa menggunakan kata kata yang sering ia dengar dan dapat ia katakan dengan tidak lancar yaitu kata mama, papa.
• 18 bulan, bahasa bayi dapat mencakup kosakata sekitar 300 kata hal ini membuktikan bahwa kemampuan anak dalam mengingat dan mengaplikasikannya sangatlah baik.
• 2 tahun, pada saat umur anak 2 tahun ini anak akan mampu menyambung sekitar 2 atau 3 kata, yang akan ia kombinasikan antara kata sifat dengan kata keterangan.

Tumbuh kembang anak dari segi Motorik
Contoh, yang paling nyata dari tumbuh kembang anak dari segi motoriknya adalah bergerak, dalam aktifitas sehari-hari anak akan melakukan gerakan yang akan memanfaatkan semua anggota badannya, hal ini akan menunjukkan suatu bentuk kemajuan motorikkasar pada si anak, beserta gerak motorik halus. Gerakan gerakan ini menyebabkan anak pada saat usia seperti ini sangat banyak melakukan aktifitas untuk bermain oleh sebab itu dikatakan juga masa pra sekolah atau disebut masa bermain.
• Gerakan Mata, pada saat dimasa anak berusia 2 bulan ia akan mampu menoleh untuk melihat benda-benda yang ada disekitarnya dengan menoleh kekiri atau kekanan. Kemudian di usia 4 bulan akan mampumengontrol gerakan mata dengan lebih baik.
• Mengangkat kepala, pada usia anak ketika mencapai usia 6 bulan anak akan mencoba mengangkat bagian tubuhnya yaitu pada bagian kepala.
• Gerakan Tangan Dan Lengan, masa menjangkau benda sudah dapat dilakukan anak pada saat usia 4 bulan, usia 6 bulan anak akan mampumenggapai serta mengambil benda-benda, dan mampu memukul-mukul sesuatu bahkan melemparkan sesuatu kepada orang lain, di masanya yang ke 9 bulan bayi akan mampu untuk menjemput ataupun ia akan mampu memetik.
• Duduk, ini akan terjadi pada saat usia 6-7 bulan
• Merangkak, 6-8 bulan anak akan belajar merangkak , sekitar usia 9-11 bulan akan bisa melakukannya dengan sangat baik.
• Berdiri, usia 10 bulan anak akan mampu berdiri dengan bertumpu pada benda-benda tertentu. Barulah mampu berdiri tanpa bantuan apa pun.
• Berjalan, 15-18 bulan anak akan mampu berjalan dengan baik diawali dengan merangkak kemudian berdiri dan berjalan dengan bertumpu pada tembok baru kemudian mampu berjalan dengan sempurna.




Tumbuh Kembang Dari Segi Intelektual
Hal ini akan berpengaruh besar dari lingkungannya, tetapi juga dipengaruhi dari kemampuannya yang sudah ada pada anak tersebut sejak lahir, yang kemudian akan diasah dan akan menjadi baik intelektualnya.

Tumbuh Kembang anak Dari Segi Moral
Yang mempengaruhi adalah keluarga. Hal ini bisa terwulud apabila:
• Anak mampu berfikir tentang aturan menyangkut etika.
• Prilaku anak sesua lingkungan moral.
• Anak akan berdosa apabila melakukan sesuatu yang ia langgar.

Tumbuh kembang anak dari kepribadian
Dapat dikembangkan dari sikap atau didikan yang diperoleh anak dari lingkungan keluarga, masyarakat sekitarnya.

  1. Fira Says:
  2. mungkin bisa disebutkan sumbernya,
    dan di atas disebukan bahwa tmbuh kembang dari moral dipengaruhi oleh keluarga, saya rasa bukan hanya itu teman sebaya dari anak juga berpengaruh thd moral anak. terima kasih.

     
  3. romiariyanto Says:
  4. @Fira:terima kasih atas koment nya,mengena sumber akan saya coba cari lagi, soal nya ini tugas kuliah saya yang sudah lama,dan teman sebaya tidak terlalu mempengaruhi tumbuh kembang anak usia 0-2 tahun

     
  5. Anonymous Says:
  6. terimah kasih makalahnya...
    dengan membaca makala ini saya menjadi tau perkembangan anak usia 0 - 2 tahun.tapi bisa diperjelas lagi untuk keterampilan-keterampilan yang harus di capai untuk anak usia 0-2 tahun.

     
  7. Anonymous Says:
  8. mohon info sebenarnya umur berapa anak sudah bisa mulai berjalan. Bagaimana jika sudah umur 16 bulan belum bisa berjalan. Padahal sang anak sudah bisa berdiri tanpa berpegangan dari posisi jongkok. Terima kasih infonya

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR