Kegiatan Belajar dan Mengelola Kelas
Kegiatan guru dalam kelas meliputi 2 hal pokok yaitu: mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan Belajar Mengajar secara langsung mengaktifkan siswa untuk mencapai tujuan yaitu:
Menelaah kebutuhan siswa
Menyajikan bahan pengajaran pada siswa
Mengajukan pertanyaan pada siswa
Masalah Pengajaran dan Pengelolaan Kelas
Untuk dapat menangani masalah dalam pemhelolaan kelas secara efektif Guru harus mampu diantaranya:
Mengetahui secara tepat berbagi masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok
Memahami pendekatan yang cocok dan yang tidak cocok
Memilih dan menetapkan pendekatan yang paling tepat unutk pemecahan masalah.
Masalah pengelolaan kelas diantaranya:
a. Jenis Kelainan anak
b. Latar Belakang anak dan keluarganya
c. Ruang tempat belajar siswa
Cahaya
Suhu udara dan udara yang segar
Akustik
Garis pandang dan Tata letak meja dan kursi
Kemungkinan untuk memindahkan meja dan kursi serta furniture lain
Sarana untuk menempatkan meja dan gambar
Komponen Dalam Pengelolaan Kelas
Faktor dalam komponen Pengelolaan kelas diantaranya:
Penggunaan Peralatan
Disiplin yang diterapkan oleh guru
Keterlibatan semua murid dalam KBM
Susunan Ruangan Kelas
Tempat menyimpan baha-bahan dan peralatan pengajaran
Pengelolaan Kelas Yang Efektif
Pengelolaan kelas yang efktif merupakan factor yang mendukung keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diikuti oleh siswa. Jadi, pendidik harus mampu menciptakan suasan kelas yang menyenangkan dan menciptakan keaktifan siswa
Langkah-langkahpengelolaan kelas yang efektif yaitu:
1. Keterampilan guru dalam mengajar
2. Keterampilan guru dalam mengatur tata ruang kelas
3. Ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung PBM
4. Adanya keterlibatan antara guru, kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan belajar siswa
5. adanya keikutsertaan siswa itu sendiri dalam Kegiatan Belajar Mengajar
SUMBER:
Mary Undervood (2000). Pemgelolaan Yang Efektif Suatu Pendekatan Paktis. Jakarta: Arcan