Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

MASALAH DALAM PENGELOLAAN KELAS

Diposkan oleh romiariyanto Thursday, January 27, 2011


Kegiatan Belajar dan Mengelola Kelas
Kegiatan guru dalam kelas meliputi 2 hal pokok yaitu: mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan Belajar Mengajar secara langsung mengaktifkan siswa untuk mencapai tujuan yaitu:
 Menelaah kebutuhan siswa
 Menyajikan bahan pengajaran pada siswa
 Mengajukan pertanyaan pada siswa

Masalah Pengajaran dan Pengelolaan Kelas
Untuk dapat menangani masalah dalam pemhelolaan kelas secara efektif Guru harus mampu diantaranya:
 Mengetahui secara tepat berbagi masalah pengelolaan kelas, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok
 Memahami pendekatan yang cocok dan yang tidak cocok
 Memilih dan menetapkan pendekatan yang paling tepat unutk pemecahan masalah.
Masalah pengelolaan kelas diantaranya:
a. Jenis Kelainan anak
b. Latar Belakang anak dan keluarganya
c. Ruang tempat belajar siswa
 Cahaya
 Suhu udara dan udara yang segar
 Akustik
 Garis pandang dan Tata letak meja dan kursi
 Kemungkinan untuk memindahkan meja dan kursi serta furniture lain
 Sarana untuk menempatkan meja dan gambar

Komponen Dalam Pengelolaan Kelas
Faktor dalam komponen Pengelolaan kelas diantaranya:
 Penggunaan Peralatan
 Disiplin yang diterapkan oleh guru
 Keterlibatan semua murid dalam KBM
 Susunan Ruangan Kelas
 Tempat menyimpan baha-bahan dan peralatan pengajaran

Pengelolaan Kelas Yang Efektif
Pengelolaan kelas yang efktif merupakan factor yang mendukung keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diikuti oleh siswa. Jadi, pendidik harus mampu menciptakan suasan kelas yang menyenangkan dan menciptakan keaktifan siswa
Langkah-langkahpengelolaan kelas yang efektif yaitu:
1. Keterampilan guru dalam mengajar
2. Keterampilan guru dalam mengatur tata ruang kelas
3. Ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung PBM
4. Adanya keterlibatan antara guru, kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan belajar siswa
5. adanya keikutsertaan siswa itu sendiri dalam Kegiatan Belajar Mengajar


SUMBER:

Mary Undervood (2000). Pemgelolaan Yang Efektif Suatu Pendekatan Paktis. Jakarta: Arcan

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR