Blogs That Discuss About The World Of Education, Special Education Was Exceptional

Powered by Blogger.
.

ANAK KESULITAN BELAJAR

Diposkan oleh romiariyanto Thursday, January 27, 2011

A. PENGERTIAN ANAK KESULITAN BELAJAR
Berkesulitan belajar terjemahan dari istilah bahasa inggris yaitu, learning disability yang artinya ketidakmampuan belajar, atau anak yang mengalami masalah dalam belajar sehingga menyebabkan prestasi sianak menurun
Defenisi anak kesulitan belajar khusus adalah gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologi dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa lisan atau tulisan. Gangguan tersebut seperti dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berfikir, berbicara,membaca, menulis dan mengghitung.
Jadi, anak nesulitan belajar anak yang intelegensinya normal akan tetapi anak hanya mengalami kesulitan atau lamban dalam bidang tertentu, misalnya,membaca,menulis atau berhitung. Sehingga mereka membutuhkan layanan individual untuk proses belajar mengajarnya.

B. KLASIFIKASI ANAK KUSULITAN BELAJAR
1. Kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan (developmental learning disabilities )
Yaitu kesulitan ini mencakup gangguan motorik dan persepsi kesulitan belajar bahasa dan komunikasi, dan kesulitan penyesuaian prilaku sosial
2. kesulitan belajar akademik ( academic learning disabilities )
yaitu, kesulitan belajar akademik menunjuk pada adanya kegiatan-kegiatan pencapaian prestasi akademik yang sesuai dengan kapasitas yang diharapkan.

C. FAKTOR PENYEBAB ANAK KESULITAN BELAJAR
Ada beberapa foktor penyebeb anak mengalami kesulitan dalam belajar diantaranya yaitu senagai berikut :
1. faktaro keturunan
2. keturunan sering dipandang sebagai sumber yang dapat menerangkan munculnya kesulitan belajar paa seorang anak. Sangat sering terjadi, jika seorang anak menderita gagap, maka orang akan bertanya apakah ada anggota keluarga yang gagap (seperti ayah,ibu, kakek, nenek dan sebagainya).
3. Kerusakan pada fungsi otak
factor ini sangat berperan dalam munculnya masalah atau kesulitan belajar ini akan dapat terjadi karena trauma yang muncul sebelum kelahiran (prenatal) saat lahir dan sesudah lahir.
4. Ketidak matangan atau kematangan yang terlambat
ketidakmatangan yang terlambat sangat sering terdengar jika seorang anak belum bisa belajar, misalnya, jika pada usia 1 tahun anak belum bisa berjalan.
5. Factor lingkungan
ada tiga factor lingkungan yang sangat berperan penting yaitu, kekurangan gizi, kurangnya pengalaman berbahasa serta kondisi sosial budaya dan ekonomi
6. Factor pendidikan
factor ini berkaitan dengan cara guru mengajar juga dapat berperan dalam munculnya kesulitan belajar.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

PEMBACA YANG BAIK ADALAH PEMBACA YANG MAMPU MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR